FTI UBH Akan Lakukan Perpanjangan Kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

FTI UBH Akan Lakukan Perpanjangan Kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

bunghatta.ac.id – Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta melakukan kunjungan ke Institut Sel Fuel dan Solar Energy Research Institute, Universiti Kebangsaan Malaysia pada 10 – 11 Februari 2014.

Kunjungan tersebut diwakili oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc dan salah satu pengajar Jurusan Teknik Mesin, Dr. Ir. Hendra Suherman, MT yang bertujuan untuk melakukan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) dan pelaksanaan Memorandum of Agreement (MoA) di antara kedua instiusi ini.

Menurut Mulyanef, Institut Sel Fuel merupakan institut yang mempunyai peralatan laboratorium yang sangat lengkap sehingga penelitian dan publikasi staf pengajarnya dapat menembus Jurnal Internasional terbaik dunia (Q1 Jurnal).

“Melihat kondisi tersebut Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta berkunjung ke ISF dan SERI-UKM sekaligus sebagai langkah awal untuk melakukan perbincangan dalam memperpanjang kembali Memorandum of Understanding antara UBH dan UKM,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut keduanya disambut oleh Prof. Dr. Hj. Jaafar Sahari, Wakil Direktur ISF dan Prof. Dato Dr. Kamaruzzaman Sopian, Direktur SERI. “Kedua direktur baik ISF dan SERI-UKM sangat setuju untuk melanjutkan kerjasama yang sebelumnya telah berakhir pada tahun 2011,” ucapnya.

Mulyanef juga mengatakan ruang lingkup perjanjian kerjasamanya meliputi program pertukaran dosen dan mahasiswa, program S2 dan S3 untuk dosen dan mahasiswa, program penelitian dan publikasi secara bersama, program seminar, program workshop dan latihan Industri.

“Kerjasama ini akan melibatkan empat jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yakni jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Kimia. Tentunya dengan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan penelitian dan publikasi staf pengajar Universitas Bung Hatta kedepannya,” ungkapnya. (**Bayu-Humas UBH)