Gubernur Sumbar Buka Seminar Nasional I Teknologi Tepat Guna FTI Universitas Bung Hatta

Gubernur Sumbar Buka Seminar Nasional I Teknologi Tepat Guna FTI Universitas Bung Hatta

Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc membuka secara resmi Seminar Nasional I Teknologi Tepat Guna Hasil Karya Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (08/08/2017).

Seminar ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan Pusat Layanan Teknologi Tepat Guna Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang akan menampilkan 60 karya mahasiswa. Kegiatan yang bertemakan Peran Strategis Teknologi Tepat Guna untuk Pengembangan Potensi Lokal dalam Era Pasar Bebas Asean menghadirkan 5 pembicara.

Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc, Direktur Inovasi Industri Kemenristekdikti Ir. Santosa Yudo Warsono, MT, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM, CEO PT. BNI Wilayah Sumbar, Riau, dan Kepulauan Riau Iwan Affandi, SE., MM dan Engineering Environtment Laboratory Gifu University Japan Dr. Yokio Hayakawa.

Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Universitas Bung Hatta ini, karena tidak banyak perguran tinggi yang menyelenggarakan seminar yang merupakan hasil dari karya mahasiswa. Dengan kegiatan ini dapat dipilih yang terbaik untuk bisa diikuti dalam kompetisi teknologi tepat guna di tingkat nasional.

“Memang seharusnya hasil karya mahasiswa ini harus memberikan manfaat yang besar dan dapat digunaka secara langsung oleh masyarakat. Hasil karya teknologi tepat guna itu harus aplikatif, efisien dan efektif. Untuk itu mahasisawa terus melakukan inovasi dan temukan teknologi terapan baru,” sebutnya.

“Seminar ini sangat bagus sekali. Diharapkan terus berlanjud setiap tahunnya dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Azwar Ananda, M.A. menyampaikan dengan seminar nasional ini hasil karya mahasiswa ini dapat membantu menyelesaikan persoalan yang ada dimasyarakat dengan adanya teknologi tepat guna ini.

“Dengan kegiatan ini dapat menjadi ajang bagi mahasiswa bidang teknologi industri dan sains untuk mensosialisasikan hasil karyanya sebagai kontribusi untuk pengembangan ilmu dan teknologi terapan serta guna meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dalam pengelolaan sumber daya alam yang tepat guna,” imbunya. (**Ubay-Humas UBH)