Mahasiswa Tekinik Kimia Universitas Bung Hatta Tampil Jadi Pemakalah Seminar Internasional di Solo

Mahasiswa Tekinik Kimia Universitas Bung Hatta Tampil Jadi Pemakalah Seminar Internasional di Solo

FTI-UBH. Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta semakin konsisten untuk meningkatkan kualitas lulusannya dengan mengikutsertakan mahasiswa sebagai pemakalah pada berbagai macam seminar, baik tingkat nasional maupun internasional.

Dalam kesempatan ini, Ramayandi mahasiswa angkatan 2014 dan alumni Teknik Kimia Ulung Muhammad Sutopo, ST menadi pemakalah pada the 15 th International Conference Quality in Research in Bali and Industrial, Mecahanical, Electrical and Chemical Engineering (ICIMECE 2017) di UNS Solo pada 13-14 September 2017.

Dengan judul Behavior of Microorganisms in Drinking Water Treatment by Inductively Couple Plasma System: Investigation Based on Model Evaluation. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Eng. Reni Desmiarti, ST, MT dan Dra. Munas Martynis, M.Si.

Dalam presentasinya Ramayandi dan Ulung Muhammad Sutopo menyampaikan bahwa mikroorganisme patogen merupakan komponen yang sangat berbahaya dalam air minum karena menyebabkan berbagai penyakit. Banyak teknologi yang diterapkan dalam pengolahan air minum untuk membunuh mikroorganisme diantaranya dengan menambahkan klorin, sinar UV, membran, dan ozone.

“Sistem ini mempunyai kelemahan seperti menimbulkan produk samping seperti THMs, biaya pemeliharaan yang besar dan penyumbatan pada membran. Hal ini menyebabkan biaya pengolahan menjadi mahal. Teknologi Plasma menghasilkan senyawa radikal dan sinar UV dalam prosesnya, jadi tidak memerlukan komponen lain proses,” jelasnya kedua pemakalah ini.

Ketua Jurusan Teknik Kimia Dr. Mulyazmi, ST., MT mengatakan jurusan akan selalu mendorong mahasiswa untuk tampil pada event-event internasional. Hal ini selain bermanfaat untuk meningkatkan percaya diri mahasiswa juga bisa meningkatkan kualiatas lulusan.

Ia juga menambahkan sebelumnya Endah Febira Safira angkatan 2014 mempresentasikan makalah dengan judul Determination of Extraction Process Conditions of Gambier Catechin (Uncaria Gambier Roxb) From Solok Bio Bio Limapuluh Kota District-West Sumatera di bawah bimbingan Dra. Elly Desni Rahman, M.Si.

Kemudian Sutra Maysaroh angkatan 2014 memaparkan judul makalah Studies Of Carbonization Process On The Production Of Durian Peel Biobriquettes with Mixed Biomass Coconut And Palm Shells yang di bawah bimbingan Ellyta Sari ST., MT.

Pada kesempatan ini , Dr. Eng. Reni Desmiarti, ST, MT yang juga Kepala Biro Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama dan Promosi Universitas Bung Hatta ini bertemu dengan Prof. Yoshinori Itaya dari Jurusan Teknik Mesin, Gifu University. “Kita akan meningkatkan kerjasama kita, kalau selama ini baru untuk Jurusan Teknik Kimia dan Teknik Sipil. Kedepannya akan dijajaki dengan Teknik Mesin,” sebutnya. (**Ubay Humas UBH