3 Mahasiswa Terbang ke Jepang ikut Program Student Exhange di Gifu University

3 Mahasiswa Terbang ke Jepang ikut Program Student Exhange di Gifu University

FTI-UBH. Universitas Bung Hatta kembali tiga mengirim mahasiswanya untuk mengikuti program student exhange ke Gifu University Jepang. Ketiga mahasiswa itu yakni, Arif Nurman dari jurusan Teknik Sipil angkatan 2014, Sutra Maysaroh dan Fenny Diana Putri dari Jurusan Teknik Kimia angkatan 2014 yang akan berangkat 1 Oktober 2017 dan kembali ke tanah air pada 22 Desember 2017 mendatang..

Hal ini disampaikan oleh Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT Kepala Biro Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama dan Promosi Universitas Bung Hatta saat mengadakan pertemuan dengan Wakil Rektor I Dr. Hendra Suherman, ST, MT dan Wakil Rektor II Dra. Susi Herwati, M.Pd yang didampingi oleh Kepala Bidang Kerja Sama dan Promosi Temmy Thamrin, SS., M.Hum, Ph.D dan Ketua Jurusan Teknik Sipil Dr. Rini Mulyani, S.T., M.Sc di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (26/09/2017).

Reni Desmiarti mengatakan sebelumnya satu mahasiswa Gifu University, Mio Hayata sudah mengikuti program student exchnge di Universitas Bung Hatta selama 20 hari dari 6 – 26 September 2017. Selama di sini, mahasiswa ini akan melakukan praktek lapangan di PT. Semen Padang, penelitian seputar pengolahan air di Laboratorium Teknik Kimia serta kuliah dan mengikuti pelatihan aplikasi perancangan pabrik bersama mahasiswa Teknik Kimia lainnya.

“Mio Hayata juga ikut dalam perkuliahan dalam bahasa Inggis untuk memberikan motivasi dan pengalaman ilmu yang diperolehnya di Jepang. Saat Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru juga ikut terlibat dalam membuat formasi silute. Bahkan Mio juga sudah berkeliling melihat keindahan alam Sumatra Barat di Kawasan Taman Laut Mandeh dan Bukittinggi,” tambah Reni yang juga dosen Teknik Kimia ini.

Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Bung Hatta Dr. Rini Mulyani, S.T., M.Sc menyampaikan program student exchange baru pertama kali diselenggarakan di di jurusan Teknik Sipil. Kedepannya program ini terus berlanjut dan semakin banyak jumlah peserta yang mengikutinya.

“Untuk ketiga mahasiswa yang mengikut program ini harus menunjukan prestasi yang terbaik dan lebih banyak lagi menggali ilmu selama belajar di Jepang,” pesannya.

Wakil Rektor I Univeristas Bung Hatta Dr. Hendra Suherman, ST, MT mengucapkan terima kasih kepada Mio Hinata mahasiswa Gifu University yang sudah belajar dan melakukan aktivitas selama di Universitas Bung Hatta.

“ Untuk mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang ini agar dapat menjaga menjaga kesehatannya dan nama baik almamater selama belajar di Jepang. Kemudian setelah pulang dapat berbagi ilmu yang telah diperoleh dengan mahasiswa lainya,” ungkapnya.

Ia menambahkan program student exchange ini merupakan hasil kerja sama Universitas Bung Hatta dengan Gifu University yang telah terjalin sejak tahun 2009. Sudah banyak program yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan penelitian dan publikasi bersama, pertukaran mahasiswa dan dosen.

“Untuk Program student exchange ini sudah sejak tahun 2015 hingga saat ini. Kedepannya tidak hanya tiga mahasiswa yang dikirim ke jepang tapi bisa 10 dan lebih. Program ini harus berkelanjutan dan diperluas lagi untuk beberapa program studi lainnya tidak hanya Teknik Kimia dan Teknik Sipil,” sebutnya.

Mio Hayata mahasiswa Gifu University sangat senang selama belajar Universitas Bung Hatta, dosen dan mahasiswanya sangat baik dan membantunya saat tinggal di Padang, apalagi saat berlibur melihat keindan alam Kawasan Taman Laut Mandeh dan Bukittinggi. (**Ubay-Humas UBH)