FTI Universitas Bung Hatta Resmikan PLTMH dan Adakan PKM di Ladang Laweh Sicincin

FTI Universitas Bung Hatta Resmikan PLTMH dan Adakan PKM di Ladang Laweh Sicincin

FTI-UBH. Setelah bertahun-tahun menunggu rumah mereka diterangi listrik, sekelompok masyarakat di Kanagarian Korong Ladang Laweh Nagari Sicincin yang lokasinya tidak sampai 2 km dari kantor Bupati Padang Pariaman akhirnya bisa tersenyum, karena pada tanggal 11 Maret 2018 merupakan hari pertama wilayah mereka dialiri listrik. 

Hal tersebut terungkap oleh Irwandi, Wali Korong Kanagarian Ladang Laweh Nagari Sicincin Kabupaten Padang Pariaman pada saat peresmian beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Korong Ladang Laweh oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta Padang yaitu Dr. Hidayat, S.T., M.T.

PLTMH tersebut merupakan buah karya dari 4 orang mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yakni Bagus Putra, Habibullah Muhamad Afri, Pikri dan Novaldi kurnia. Pembangunan PLTMH berkapasitas 5 kW ini sudah dimulai semenjak akhir tahun 2016 di bawah asuhan dosen-dosen Teknik Mesin Ir. Khaidir, M.Eng, Ir. Burmawi, M.T, Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc dan Suryadimal, S.T., M.T.

Dalam kesempatan tersebut, Yusman Datuak Kando, tokoh masyarakat mengemukakan, listrik tidak hanya dibutuhkan untuk penerangan rumah, tetapi juga untuk mengusir hama babi di ladang dan sawah kami, khususnya dimalam hari. Karena babi hutan tidak mau mendekat ke sawah dan ladang kami jika ada cahaya lampu.

Dr. Hidayat, S.T. M.T dalam sambutannya mengatakan bahwa, pembangunan PLTMH merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi mahasiswa yang dalam proses belajar, namun perawatannya jauh lebih sulit karena harus dilakukan secara rutin oleh masyarakat Korong Ladang Laweh.

Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut juga dilakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pelatihan pengoperasian dan perawatan PLTMH dengan nara sumber Ir. Khaidir, M.Eng (Ketua Team PKM), Ir. Burmawi, M.T, Ir. Drs. Mulyanef, M.Sc dan Dr. Hidayat, S.T., M.T.

Dr. Hidayat, S.T, M.T menambahkan, wilayah Korong Ladang Laweh sangat berpeluang dikembangkan sebagai Pariwisata Mandiri Energi, karena view-nya yang bagus dan potensi airnya cukup banyak yang bisa diolah menjadi pembangkit listrik. Hal demikian diaminkan oleh Muhammad Nur dan Nuzwir masyarakat Korong Ladang Laweh, karena sudah beberapa kali orang melakukan survei di wilayah ini.