Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Adakan Kuliah Umum Keprofesianan bersama Alumni

Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Adakan Kuliah Umum Keprofesianan bersama Alumni

FTI-UBH. Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Kuliah Umum Keprofesianan bersama Alumni dalam rangka peringatan hari lahirnya jurusan yang ke-24 tahun di Aula Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Sabtu (28/04/2018).
Dalam kuliah umum ini dipandu oleh Sekretaris Jurusan Teknik Kimia Dr. Silvi Oktavia, ST, MT dengna menghadirkan empat pembicara dari berbagai bidang keahliannya yaitu Desrizal, ST dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatra Barat, Satria Feri, St, Engineer PT. Chevron, Yose Rizal, ST, pemilik CV. Novalind Jaya Utama dan Dr. Harmiwati, ST, MT akademiasi Poli ATI Padang.

Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Mulazmi, ST, MT menyampaikan perjalanan selama 24 tahun telah banyak memberikan perubahan dan perkembangan yang baik bagi jurusan. Kehadiran Jurusan Teknik Kimia di Universitas Bung Hatta ini, untuk melengkapi jurusan-jurusan lainnya yang berada di Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta kala itu.

Hal ini menjadi harapan Ir. H. Syamsul Asri, Phd sebagai penggagas Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang didirikan pada 14 April 1994 lalu. Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta diharapkan dapat membantu mengolah dan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang terdapat di Sumatra Barat.

“Saat ini, Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta memiliki 11 dosen yang berkualifikasi S2 dan S3 lulusan perguruan tinggi terkemukan baik dalam dan negeri. Bahkan, lebih dari 50% dosen berkualifikasi S3 dan berkompeten di bidang masing-masing. Dosen di jurusan Teknik Kimia sangat aktif melakukan penelitian dan banyak meraih dana hibah,” sebutnya.

Ia juga menambahkan setiap tahunnya mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dikirim ke Jepang untuk mengikuti program student exchenge di Gifu University. Begitu juga bagi alumninya yang ingin melanjutkan studi ke program magister di Gifu University. Terdapat juga beasiswa Bidikmisi, PPA dan BBM yang disedikan pemerintah. Mahasiswa juga dibekali kompetensi untuk mahir dalam menggunakan aplikasi software perancangan pabrik dan diberikan kesempatan untuk menjadi presenter dalam seminar nasional dan internasional dari hasil penelitiannya.

“Teknik Kimia Universitas Bung Hatta merupakan jurusan satu-satunya di Kopertis Wilayah X untuk PTS. Di usia yang ke-24 tahun ini, Semoga Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dapat memperoleh akreditasi A dan melahirkan lulusan yang berkompeten dengan skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja,” sebutnya.

Rafdi, ST Ketua Ikatan Keluarga Besar Alumni Teknik Kima Universitas Bung Hatta menyampaikan sudah lebih dari 900 lulusan yang dihasilkan dan alumninya telah bekerja diberbagai bidang mulai akademisi, PNS, dunia industri hingga wiraswasta. Dalam kesempatan yang baik ini sinergitas antara semua kalangan sangat penting dalam mengembangkan jurusan untuk lebih baik dan sesuai dengan kondisi dunia kerja saat ini.

“Alumin sangat senang sekali dengan berbagai prestasi dan perkembangan dari jurusan Teknik Kima Universitas Bung Hatta. Dengan kuliiah umum ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai peluang kerja lulusan dari jurusan Teknik Kimia,” sebut Rafdi alumni angkatan 1998 yang bekerja di PT Incasi Raya Grup ini. (**Ubay-Humas UBH)