Sosialisasi Sekolah Adiwiyata oleh Tim PKM Universitas Bung Hatta dan Mahasiswa Student Exchange dari Gifu University

Sosialisasi Sekolah Adiwiyata oleh Tim PKM Universitas Bung Hatta dan Mahasiswa Student Exchange dari Gifu University

FTI-UBH. Tim PKM Universitas Bung Hatta selenggarakan sosialisasi sekolah adiwiyata di SMA N 1 Lembah Gumanti, Alahan Panjang, Solok (8/9). Kegiatan ini dilaksanakan untuk pembentukan karakter warga sekolah melalui program adiwiyata.

“Adiwiyata bukan hanya tampilan sekolah yang bersih dan hijau, melainkan juga sekolah yang mempunyai program dan aktivitas pendidikan yang mengarahkan siswanya kepada pembelajaran dan pembiasaan sebagai budaya peduli lingkungan menuju warga sekolah yang berkarakter,”ujar Dr. Eng. Reni Desmiarti, S.T., M.T.

Yang tidak kalah menariknya, kehadiran Masanari Motoyama, mahasiswa¬†student exchange¬†dari Gifu University itu menjadi motivasi yang bermanfaat bagi para siswa. “Mereka amat senang. Apalagi, mereka dikenalkan kebudayaan Jepang secara langsung oleh anak muda Jepang yang mencintai kebudayaan dan keindahan alam. Masanari sempat pula memperkenalkan kebudayaan, kesenian, olah raga, dan identitas lokal lainnya dihadapan para siswa,”imbuhnya.

Kemudian, selain Masanari Motoyama dan Dr. Eng. Reni Desmiarti, S.T., M.T., dari Prodi Teknik Kimia, turut hadir pula Dra. Munas Martynis, M.Si., Dra. Elly Desni Rahman, M. Si., Dr. Eng. Edwina Zainal, M. Eng., dan Ramayandi, S.T.

Dalam sosialisasi itu, disampaikan hal-hal terkait dengan indikator dan kriteria sekolah adiwiyata dan manfaat mengikuti program adiwiyata, baik bagi sekolah, guru, dan siswa. (Rio)