MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA MENDAPAT PREDIKAT EXCELLENT DI GIFU UNIVERSITY JEPANG

MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA MENDAPAT PREDIKAT EXCELLENT DI GIFU UNIVERSITY JEPANG

FTI-UBH. Universitas Bung Hatta konsisten meningkatkan kualitas lulusan supaya bisa bersaing di tingkat internasional. Salah satu kegiatan yang selalu dilakukan adalah mengirim mahasiswa untuk melakukan Research di Gifu University Jepang selama 2-3 bulan.

Dalam pertemuan antara Dr. Eng. Reni Desmiarti, ST., MT (Ketua kerjasama dengan Gifu University) dan Dra. Susi Herawati, M.Pd (Wakil Rektor II) dengan Dean of Engineering Faculty (Prof. Dr. Toshiaki Murai), Advisor to Dean of Engineering Faculty Gifu University (Prof. Dr. Yoshihiko Uematsu) dan Liasson Person Universitas Bung Hatta di Gifu University (Dr. Toshiro Yamada) dibahas proses seleksi yang dilakukan Universitas Bung Hatta untuk mengirim mahasiswa ke Gifu University karena sejak dilakukan program Short-Term Research Program sejak tahun 2015-2018, 10 mahasiswa dari Universitas Bung Hatta selalu mendapat predikat EXCELLENT dari supervisor di Gifu University.

Reni Desmiarti menyampaikan bahwa tahapan seleksi mahasiswa yang bisa ikut program ini yang memenuhi administrasi untuk Mahasiswa semester 6, IPK >3,5 dan TOFLE > 475. Setelah itu calon mahasiswa akan presentasi rencana research di depan Tim Universitas Bung Hatta dalam Bahasa Inggris.

Untuk tahun 2018 ini, 4 orang mahasiswa telah selesai mengikuti program ini sejak tanggal 3 September � 30 November 2018. Mahasiswa tersebut berasal dari program studi Teknik Kimia, yaitu M. Andrifar dengan judul penelitian “Reaction Simulation of Hydrogen Production from Steam By Plasma” dengan pembimbing Prof. Dr. Shinji Kambara dan Audha Diachmesa dengan judul penelitian “Dissolved Organic Matter (DOM) Characterization from Different Water Source and Different Water Treatment Plant (WTP) Focusing on Molecular Weight (MW) Distribution” dengan pembimbing Dr. Toshiro Yamada. Program studi Teknik Sipil adalah Gilang Vernando untuk penelitian Correlation between building stiffness toward human action hindrance and human anxiety during earthquake dengan pembimbing Prof. Dr. Nojima Nobuota dan Leonardo untuk penelitian Rainfall runoff simulation and Trend Analysis on Climate Parameters: Case Study Enbara Watershed.

Untuk program tahun 2019, Gifu University bersedia menerima mahasiswa dari Program Studi Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Teknik Mesin. Susi Herawati sebagai Wakil Rektor II juga menyampaikan bahwa Universitas Bung Hatta juga berkomitmen sejak tahun 2015-2018 telah menerima mahasiswa dari Gifu University untuk program Short-Term Program di Universitas Bung Hatta dan memberikan fasilitas akomodasi selama berada di Universitas Bung Hatta. Prof. Dr. Azwar Ananda sebagai Rektor menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu usaha Universitas Bung Hatta mencapai Visi menuju Universitas Berkelas Dunia.

Kegiatan monitoring dan evaluasi program kerjasama ini juga diikuti dengan pemberian Sertifikat Penghargaan dari Rektor Universitas Bung Hatta kepada supervisor yang telah membimbing mahasiswa Universitas Bung Hatta selama berada di Gifu University Jepang.