PT. PLN Wilayah Sumbar Dukung FTI UBH Mencetak Lulusan yang Kompeten

PT. PLN Wilayah Sumbar Dukung FTI UBH Mencetak Lulusan yang Kompeten

FTI-UBH. Dekan FTI UBH Dr. Ir. Hidayat, S.T., M.T., IPM melakukan kunjungan ke PT PLN (Persero) wilayah Sumatera Barat (10/7/19).

Dekan FTI didampingi oleh ketua Prodi Teknik Elektro (TE) Ir. Yani Ridal, M.T., Kajur Teknik Mesin (TM) Ir. Kaidir, ST., M. Eng, Teknik Industri (TI) Ayu Bidiawati, M.Eng, IPM serta kepala laboratorium Drs. Ir. Muyanef, M.Eng, Ir. Eddy Soesilo, M.Eng, dan Ir. Cahayahati, M.T.

Rombongan diterima langsung oleh General Manager (GM), Bambang Dwiyanto dan Manejer Distribusi PLN (Persero) Wilayah Sumbar di ruangan kerjanya yang berlangsung hampir satu jam.

Hidayat mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut merupakan silaturahim FTI UBH kepada Pak GM yang baru menggantikan Buk Susiana Mutia.

Beberapa hal yang terungkap dalam pertemuan tersebut antara lain; pentingya lulusan Perguruan Tinggi (PT) memiliki kompentensi sehingga memilki daya saing yang tinggi dalam menghadapi IR 4.0. Untuk itu, perlu ditunjang dengan proses PBM yang memadai, termasuk peralatan laboratorium.

Pencanangan adanya learning factory yang bisa mengakomodir kebutuhan pasar kerja di era IR 4.0 menjadi pembicaraan yang menarik.
Hal demikian sangat mungkin diwujudkan melalaui kolabaorasi antara pengguna dengan Perguruan Tinggi.

Penyiapan lulusan yang siap pakai dan bersertifikat kompetensi didukung oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Hal ini dapat dilakukan dengan mendirikan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang bersifat internal, yaitu LSP-P1 dan yang bisa internal maupun eksternal LSP-P3. Hal demikian memerlukan dukungan pengguna, salah satunya PLN.

Pemanfaatan SDM kedua belah pihak juga menjadi topik pembicaraan.

Di akhir pertemuan, Bambang Dwinyanto menyampaikan bahwa ia menyambut baik gagasan yang sudah didiskusikan dan mengupayakan untuk merealisasikannya sepanjang masuk dalam regulasi yang ada. (**Dekan.FTI)