Produk Teknologi FTI Universitas Bung Hatta Siap Diterapkan di Kota Payakumbuh

Produk Teknologi FTI Universitas Bung Hatta Siap Diterapkan di Kota Payakumbuh

FTI-UBH. Dekan FTI Universitas Bung Hatta Dr. Hidayat, S.T., M.T.,IPM dan Ketua Pusat Bisnis dan Inovasi Teknologi Universitas Pasundan (Unpas), Ir. Farid Rizayana, M.T pada hari Kamis 8 Agustus 2019 berkunjung ke Kota Payakumbuh dalam rangka menggali potensi Nagari, sosialisasi produk Teknologi Karya Anak Negri dan peningkatan SDM Daerah dalam bentuk pendidikan formal (S1 dan S2) dan pelatihan kompetensi.

Kehadirannya di Payakumbuh diterima oleh Walikota Reza Pahlevi dan Sekda serta beberapa OPD Kota Payakumbuh.

Hidayat didampingi Ketua Pusyantek Bung Hatta, Dr. Firdaus, S.T, M.T yang juga Dosen Teknik Kimia FTI UBH berserta Farid memperkenalkan produk-produk teknologi karya anak negri, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan pemda kota Payakumbuh. Tujuanya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas berbagai pekerjaan.

Beberapa produk diantaranya Tractorpack multi fungsi seperti untuk penggembur tanah, pompa air untuk penyiram tanaman, pencacah rumput gajah, pengupil jagung dan lain sebagainya.

Produk lainnya yaitu mesin penyapu jalan (road swiper) yang disesuaikan dengan kondisi jalan di Payakumbuh seperti tingkat keramaian, permukaan/kontur jalan, lebar jalan dan juga harga relatif murah dibandingkan produk impor.
Produk impor, disamping harganya mahal, juga tidak sesuai dengan kondisi dan kepadatan pengguna jalan. Biaya perawatan, maitenance dan spare park juga mahal.

Hal inilah yang membuat Walikota Payakumbuh sangat tertarik dengan produk-produk teknologi yang dipaparkan agar segera direalisaikan, ungkapan Hidayat.

Walikota Payakumbuh menyampaikan perlu adanya Mobile Toilet yang VIP untuk digunakan pada acara acara di lapangan. Demikian juga alat pemotong kayu serta penghancur daun/ranting.

Kolaborasi FTI Bung Hatta dan Pusat Bisnis & Inovasi Teknologi UNPAS, diyakini permintaan alat teknologi dari OPD Payakumbuh atau Pemda lainnya, akan dapat direalisasikan demikian kata Farid.

Kerjasama dalam peningkatan SDM bagi ASN kota Payakumbuh dalam bentuk pendidikan formal setingkat Sarjana dan Pascara Sarjana di Universitas Bung Hatta.

Sedangkan peningkatan SDM dalam bentuk pelatihan dan uji kompetensi, saat ini Uiversitas Bung
Hatta sedang dalam proses pedirian LSP-P1 dan LSP-P3 dalam lingkup BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), imbuh Hidayat.