FTI Universitas Bung Hatta Bekerja Sama dengan Koperasi SMR Serahkan Bantuan Bilik Disinfektan kepada Wali Kota Padang

FTI Universitas Bung Hatta Bekerja Sama dengan Koperasi SMR Serahkan Bantuan Bilik Disinfektan kepada Wali Kota Padang

16 April 2020
FTI-UBH. Pandemi wabah Covid-19 di Sumatera Barat terus mengalami peningkatan. Data terakhir (15/4), yang terpapar positif mencapai 55 orang.

Upaya yang dapat dilakukan adalah pencegahan dan penanganan pasien dengan baik.

Upaya pencegahan di antaranya mendorong masyarakat agar mengikuti aturan yg sudah ditetapkan pemerintah dan selalu menjaga kesterilan tubuh dan pakaian. Upaya pengobatan di antaranya menyiapkan tenaga medis dan sarana/prasarana yang diperlukan.

Untuk itu, Prof. Dr. Tafdil Husni selaku Rektor Universitas Bung Hatta mendorong agar masing-masing fakultas berperan aktif menggerakkan dosen dan mahasiswa dalam mengatasi wabah Covid-19.

Dr. Ir. Hidayat, M.T, IPM., Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta telah membentuk Tim Resque Covid-19 yang diketuai oleh Ir. Iman Satria, M.T., IPM., yang anggotanya terdiri atas dosen dan mahasiswa.

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan adalah membuat produk untuk kebutuhan pencegahan penularan Covid-19, seperti bilik disinfektan, wastafel portabel, hand sanitizer, cairan disinfektan, masker, dan terakhir, ventilator sebagai alat bantu pernapasan yang saat ini dalam proses pengujian.

?Dalam menjalankan program, tim bekerja sama dengan jejaring yang sudah terbangun selama ini, salah satu di antaranya adalah Koperasi Saudagar Minang Raya (KSMR) yang diketuai oleh Joi Kahar,”ungkap Iman.

Rabu, (15/4/20) diserahkan 2 bilik disinfektan karya dosen dan mahasiswa FTI bekerja sama dengan SMR, kepada Wali Kota Padang yang bertempat di rumah dinas, Jalan A.Yani Padang.

Tampak hadir Prof. Marlina yang juga ketua SMR Sumatera Barat mewakili ketua SMR Pusat Joi Kahar. Sementara itu, dari Universitas Bung Hatta, diwakili oleh Dekan FTI, Dr. Ir. Hidayat, M.T.

Dalam sambutannya, Marlina menyampaikan bahwa selain bantuan bilik disinfektan ini, KSMR sudah menyerahkan beberapa bantua lain langsung ke pengguna, seperti APD untuk Rumah Sakit/ Puskesmas dan juga sembako kepada masyarakat.

Hidayat juga menyampaikan bahwa selain Bilik Disiinfektan yang diserahkan ke Pemko Padang, Universitas Bung Hatta juga sudah menyerahkan bilik disinfektan ke Perguruan Islam Ar Risalah Padang beberapa hari yang lalu, berkat dukungan dari Bank Syariah Mandiri dan PT Kunango Jantan. Selain itu, juga sudah dilakukan pembagian sembako, masker dan hand sanitizer kepada masyarakat sekitar kampus.

“Selain sembako, kepada mahasiswa juga diberikan paket pulsa 30 G dengan harga Rp10 untuk pelaksanaan kuliah daring bekerja sama dengan PT Telkomsel,”imbuh Hidayat.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menyambut baik kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh Universitas Bung Hatta dan KSMR sebagai bentuk kepedulian bersama dalam menghadapi Covid-19 ini.

Mahyeldi juga mendorong agar tim Universitas Bung Hatta segera menyelesaikan ventilator karena sangat diperlukan sebagai antisipasi menghadapi wabah ini, di samping ketersediaan ventilor di rumah sakit saat ini sangat terbatas.