TIM Covid-FTI Universitas Bung Hatta Serahkan Bantuan Bilik Disinfektan Plus ke RSUP M.Jamil Padang

TIM Covid-FTI Universitas Bung Hatta Serahkan Bantuan Bilik Disinfektan Plus ke RSUP M.Jamil Padang

11 Mei 2020
FTI-UBH. Wabah Covid-19 telah melanda bangsa Indonesia sudah lebih dari 1 bulan. Dampak yang ditimbulkannya, yakni di berbagai sektor di antaranya kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya. Banyak hal yang telah berubah, seperti banyaknya orang kehilangan pekerjaan, social dan physical distancing, work from home, belajar daring dan sebagai.

Tentu saja tidak semuanya membawa dampak negatif. Kreativitas dan empati jadi meningkat. Universitas Bung Hatta salah satunya.

Universitas Bung Hatta yang merupakan Perguruan Tinggi Swasta terbesar di Sumatera dan memiliki SDM serta sarana prasarana yang lengkap ini turut ambil bahagian dalam situasi ini.

Prof.Tafdil Husni selaku Rektor Universitas Bung Hatta periode 2020-2024 memotivasi dosen, tendik, dan mahasiswa agar memberi konstribusi positif dalam memecahkan persolan masyarakat.

Melalui kreativitas dosen, tendik dan mahasiswa, berbagai hal sudah dilakukan selama Covid-19, seperti pembuatan bilik disifektan, ventilator friendly (VentiFren), wastafel portable, cairan disinfektan, hand sanitizer, masker, dan lainnya.

Karya-karya tersebut sebagian besar sudah dimanfaatkan oleh masyarakat dalam bentuk bantuan maupun bentuk lainnya.

Disamping itu, Universitas Bung Hatta juga telah menyalurkan bantuan sembako, masker, dan hand sanitizer kepada masyarakat sekitar kampus dan mahasiswa yang terdampak Covid-19.

Pada tanggal 15 April 2020 yang lalu, Universitas Bung Hatta bekerja sama dengan Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR) menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kota Padang berupa Bilik Disinfektan yang ditempatkan di RSUD Kota Padang dan Klinik Rahmi Hatta.

Rabu (30/04/2020), pihak Universitas Bung Hatta kembali menyerahkan bantuan kepada RSUP M. Jamil Padang berupa bilik disifektan yang ditempatkan di Pintu masuk Ruangan IGD dan ruangan ganti APD dokter dan perawat.

Bantuan tersebut diterima oleh Catur Suharinto, M. Kom yang mewakili Direktur RSUP dan diserahkan langsung oleh Dr. Ir. Hidayat, M.T., IPM selaku Dekan FTI bersama Ir. Iman Satria, M.T., IPM selaku Ketua Tim Covid- FTI yang mewakili Rektor Universitas Bung Hatta.

Hidayat mengungkapkan, bilik disinfektan ini berbeda dengan sebelumnya. Kata Hidayat, alat ini seluruhnya bebas sentuh dan dilengkapi mesin hand sanitizer otomatis.

“Pemakai cukup mendekatkan tangan ke mesin hand sanitizer, cairan sanitizer akan keluar dan selanjutnya pemakai dapat melangkah ke bilik, lalu cairan disinfektan dalam bentuk uap akan keluar menyemprot pakaian (APD),”ungkap Hidayat.

Tambahan dari Iman, bilik ini sangat ramah lingkungan dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penanganan Covid-19. Itulah sebabnya disebut bilik disinfektan plus.

Catur, menyampaikan ucapan terima kasih Direktur Utama RSUP. M.Jamil Padang Dr. dr. Yusirwan, Sp.B, Sp. BA(K) MARS kepada Rektor Universitas Bung Hatta yang sudah memberi bantuan berupa bilik disinfektan plus.

“Alat ini sangat dibermafaat bagi dokter dan perawat untuk menjaga kesterilan APD sebelum dan sesudah bertugas,”kata Yusirwan.