Dekan Fakultas Teknologi Industri
Universitas Bung Hatta
Dr. Hidayat, ST, MT

Home

Articles

Perayaan 20 Tahun Teknik Kimia UBH: Tetap Kompak dan Penuh Kejutan

Pantai KarolinaFTI UBH - Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang didirikan pada 14 April 1994 lalu ini bertujuan untuk melengkapi jurusan-jurusan lainnya yang berada di Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta serta diharapkan keberadaan jurusan ini dapat membantu mengolah dan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang terdapat di Sumatra Barat.

Hal tersebut diungkapkan Ir. H. Syamsul Asri, Phd dalam tayangan video dokumenter saat Perayaan Ulang Tahun Ke-20 Jurusan Teknik Kimia Fakuttas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta di Pantai Calorlin Padang, Kamis (01/05/2014).

Video dokumenter tersebut menceritakan sekilas mengenai sejarah berdiri Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang digagas oleh Ir. H. Syamsul Asri, Phd yang kala itu ia sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Ketua Jurusan Teknik Kima juga.

Selain itu, ada juga testimonial dari Ir. Rita Youfa, MT yang juga memiliki andil dalam berdirinya jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dan ucapan selamat dari Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA.

“Dulu ketikan ingin melakukan praktikum Operasi Teknik Kimia, para mahasiswa harus menyisip laboratorium Universitas Sriwijaya dan Institut Teknologi Bandung akantetapi sekarang laboratorium di jurusan Teknik Kimia jauh lebih baik dari 20 tahun yang lalu sehingga para mahasiswa harus lebih giat lagi belajar,” pesan Ir. Rita Youfa, MT dalam video dokumenter.

Ketua Pelaksana, Doni Saputra mengatakan pemutaran video tersebut sebagai kado spesial yang dipersembahkan panitia kepada jurusan terutama dosen dan mahasiswa agara dapat membuka kenangan lama dan mengingat kembali sejarah berdirinya jurusan Teknik Kimia. Panitia kegiatan ini juga sepenuhnya berasal dari mahasiswa angkatan 2013.

“Dalam dalam rangkaian memperingati hari ulang tahun jurusan yang ke-20 tahun ini, panitia sengaja membuat kejutan dengan mencari para tokoh-tokoh penting yang memiliki andil dalam mendirikan jurusan Teknik Kimia. Bahkan para dosen sangat terharu dengan tayangan video ini hingga meneteskan air mata,” ungkapnya.

Selain Ir. H. Syamsul Asri, Phd dan Ir. Rita Youfa, MT, terdapat tiga orang tokoh lagi yang hingga saat ini masih eksis mengajar di Jurusan Teknik Kimia yaitu Dra. Munas Martynis, M.Si, Dra. Erti Praputri, M.Si dan Dra. Elly Desni Rahman, M.Si.

Doni menyampaikan kegiatan ini juga diikuti oleh lebih dari 60 orang yang bertujuan sebagai sarana untuk menjalin tali silaturahmi antara mahasiswa, dosen dan alumni agar semakin kompak dan dapat bersama-sama membangun jurusan teknik kimia jauh lebih baik lagi.

"Perayaan ulang tahun ini juga menghadirkan berbagai acara seperti Chem_Eng Award seperti mahasiswa Teknik Kimia terfavorit, tergokil, terkepo, wisudawan terbaik hingga dosen terkece, permainan-permainan dan hiburan lainnya serta pelantikan Ketua Himpunan Masyarakat Mahassiwa baru periode 2014/2015 yaitu Zul Hendra mahasiswa angkatan 2011," kata Doni.

Kemudian Ketua Jurusan Teknik Kimia, Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT menyampaikan perlu kerja keras serta dukungan semua pihak baik dari mahasiswa, dosen, alumni dalam memajukan jurusan agar sesuai dengan tema perayaan ulang tahun yang ke-20 ini semakin hari semakin berkarakater bersama Teknik Kimia.

“Di umur jurusan yang beranjak dewasa ini, kita berharap semua kalangan yang terkait dengan jurusan Teknik Kimia akan selalu kompak dan secara bersama-sama kita akan membangun jurusan Teknik Kimia sebagai lembaga pendidikan Teknik Kimia tingkat sarjana yang berkualifikasi unggul di tingkat nasional, berkontribusi pada Industri khususnya kawasan Sumatera,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)

Digital Campus

Beasiswa dan Lowongan Kerja

Promosi Jurusan

Jurnal

  

Templates by Joomlashine