Dekan Fakultas Teknologi Industri
Universitas Bung Hatta
Dr. Hidayat, ST, MT

Home

Articles

Mahasiswa Teknik Kimia UBH Belajar Aplikasi Software Jurusannya

FTI-UBH. Himpunan Masyarakat Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Pelatihan Software Teknik Kima yang dilaksanakan di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 28 Februari – 1 Maret 2015.

Ketua Pelaksana Ary Susanto mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja himpunan yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam menggunakan aplikasi program software yang berkaitan dengan jurusan Teknik Kimia yang dapat memudahkan mahasiswa dalam penguasaan materi perkuliahan dan membantu dalam penyusunan tugas akhir berupa pra rancangan pabrik.

“Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan 3 tahap dengan 3 materi yang berbeda. Semoga kegiatan pelatihan ini dapat membantu pelaksanaan tugas akhir dan dapat memberi manfaat yang besar untuk memambah kemampuan mahasiswa terutama dalam pengusaan aplikasi software,” ujarnya. 

Sementara itu, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT menyampaikan jurusan akan terus melakukan pelatihan-pelatihan keahlian untuk mahasiswa yang nantinya terintegrasi dengan pelaksanaan pra rancangan akhir dan matakuliah yang terkait. Kemampuana pengguanaan aplikasi software teknik kimia itu sangat penting bagi mahasiswa sebab dapat menjadi nilai tambah bagi lulusan saat akan melamar pekerjaan dan di era pasar bebas ini.

“Saat ini jumlah mahasiswa jurusan Teknik Kimia tiap tahunnya terus mengalami peningkatan dan untuk menjaga kualitas mahasiswa. Jurusan bersama himpunan akan terus memfasilitasi mahasiswa dalam menambah wawasan, pengetahuan dan kompetensinya agar memiliki daya saing ketika telah tamat,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan pelatihan software ini diperuntukan bagi mahasiswa yang tengah melaksanakan tugas akhir dan mahasiswa yang ingin belajar lebih dalam mengenai aplikasi Teknik Kimia.

Pelatihan tahap pertama ini diikuti oleh 35 peserta dengan menghadirkan pemateri Rafdi Hamid, ST, Staf Engineering dan Project PT Incasi Raya Grup yang merupakan Alumni Jurusan Teknik Kimia.

Rafdi Hamid menjelaskan kegunaan proses simulator itu sangat mendukung kemampuan seorang engineer Teknik Kimia yang harus mempunyai kemampuan merancang proses, menjalankan proses dan mengontrolnya.

Dalam penggunaan software teknik kimia mahasiswa harus memahami pelajaran mengenai termodimanamik, perpindahan panas. Neraca masa dan energi, operasi teknik kimia, mekanika fluida, teknik reaksi kimia, ekonomi teknik kimia dan materi lainnya yang berkaitan dalam pra rancangan pabrik kimia.

“Dengan pelatihan ini para mahasiswa dapat terbantu dalam merancang tugas akhirnya dan dari apllikasi ini juga kita dapat membuat simulasi-simulasi terkait proses yang akan dirancang,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)

Digital Campus

Beasiswa dan Lowongan Kerja

Promosi Jurusan

Jurnal

  

Templates by Joomlashine