Dekan Fakultas Teknologi Industri
Universitas Bung Hatta
Dr. Hidayat, ST, MT

Home

Articles

HMMJ Teknik Mesin Adakan Kuliah Umum Offshore Drilling

FTI-UBH, Himpunanan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Tekologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum Offshore Drilling dengan mendatangkan narasumber Djoko Ari Wibowo Consultan Drilling Supervisor yang bertempat di Ruang Sidang FTI Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Rabu (18/03/2015).

Ketua Pelaksana, Hersan Fernanda menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu bagian untuk menambah pengayaan ilmu dan membuka wawasan bagi mahasiswa terutama di bidang drilling atau pengeboran. “Kuliah umum ini untuk memberi motivasi kepada para mahasiswa akan peluang kerja dari lulusan Teknik Mesin,” ucap Nanda sapaannya.

Senanda dengan Nanda, Ketua Himpunanan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Ilham Kurniawan menambahkan kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman mengenai peluang kerja dari jurusan Teknik Mesin yang cukup beragam seperti di bidang drilling ini. “Nantinya para mahasiswa dapat menggali lebih dalam bagaimana prospek kerja hingga tips memperoleh pekerjaan di dunia perminyakan dan drilling,” imbuhnya.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri, Ir. Yanni Ridal, MT menyampaikan dalam menghadapi era globalisasis saat ini terutama menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN para mahasiswa tidaknya tuntun untuk memperoleh nilai akademik yang baik namun harus juga memilik kemampuan softskill yang khusus sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing.

“Dalam kuliah umum ini para mahasiswa harus aktif bertanya terutama dalam mencari kiat-kiat mendapatkan pekrejaan di perusahaan asing,” ucapnya.

Djoko Ari Wibowo menyampaikan materi mengenai pengalaman kerjannya saat menggeluti dunia drilling, pengantar tentang offshore drilling hingga trik memperoleh pekerjaan di bidang driling dan perminyakan. 

Proses pengeboran merupakan pross mekaikal yang bertujuan untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan tanah dan untuk melakukan eksplorasi maupun eksplitasi dalam mendapatkan hidrokarbon eperti minyak bumi, gas hingga geotermal serta sumber energi lainnya. Biasany berlokasi di lautan lepas atau perairan lainnya.

“Bekerja di bidang drilling ini termasuk bidang pekerjaan yang elit dan memperoleh penghasilan yang cukup besar namun tidak mudah untuk bisa bergabung bila tidak memiliki kemampuan khusus terutama berbahasa asing karena dalam satu proses pengeboran itu terdiri dari puluhan perusahaan yang pekerjanya berasal dari berbagai negara,” jelasnya. (**Ubay-Humas UBH)

Digital Campus

Beasiswa dan Lowongan Kerja

Promosi Jurusan

Jurnal

  

Templates by Joomlashine