Dekan Fakultas Teknologi Industri
Universitas Bung Hatta
Dr. Hidayat, ST, MT

Home

Articles

Kuliah Umum Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia di Industri Batam

FTI-UBH, Banyak peluang bagi lulusan dari jurusan Teknik Kimia untuk dapat bekerja di Kota Batam yang merupakan pusat industri terbesar di kawasan pulau Sumatra. Untuk itu jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum Prospek Kerja Teknik Kimia di Industri Batam dengan tema Chemical Enginering Fly To The Sky at Batam Industries yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (21/05/2015). 

Kuliah umum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif dan dosen dari jurusan Teknik Kimia Universitas bung Hatta dengan mendatangkan narasumber dari praktisi yaitu Ir. Tigor Nainggolan Manager Produksi PT Synergy Oil Nusantra Batam.

Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta Ir. Drs. Mulyanef. M.Sc dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasi kepada jurusan teknik kimia yang selalu melakukan inovasi-inovasi dan telah mengalami berbagai perubahan dan berkembang pesat seperti dengan melakukan kuliah umum dan presentasi karya mahasiswa di depan umum.

“Mendatangkan praktisi ke kampus dan melakukan berbagai macam kerjasam dengan industri merupakan upaya yang dilakukan jurusan dan fakultas dalam membekali mahasiswa agar tidak ada lagi keraguan antara teori yang dipelajari dibangku perkuliahan dengan dunia kerja itu sama,” ujanrnya.

Ia juga menambahkan fakultas akan terus menjalin kerjasama dengan dunia industri agar dapat memasukan dari praktisi untuk memperbaiki kulikulum dan mempersiapkan mahasiswa yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri. “ Semakin banyak kerjasama yang dilakukan maka menjadi peluang besar juga bagi mahasiswa ketika sebelum tamat telah ditawarkan untuk bekerja,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr.Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan kuliiah umum ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai peluang kerja lulusan dari jurusan Teknik Kimia. 

“Dengan mendatangkan praktisi ke kampus, mahasiswa dapat memperoleh informasi mengenai peluang kerja terutama industri-industri kimia yang terdapat di Batam,” imbuhnya. 

Dipandu oleh Dr. Mulyazmi, ST, MT, narasumber pada kuliah umum ini menjelaskan industri apa saja yang terdapat di Batam yang menjadi peluang bagi lulusan teknik kimia untuk dapat bekerja disana serta memberikan kiat-kiat yang perlu dipersiapkan mahasiswa sebelum menyelesaikan kuliah.

“Lulusan teknik kimia itu dapat bekerja dimana saja tidak hanya di industri oleo kimia, namun bisa juga menjadi peneliti, sales engineering, galangan kapal hingga di dunia perbankan. Meskipun hampir 85 % lulusan teknik kimia itu berkecimpung dengan dunia industri,” jelasnya.

Tigor Nainggolan juga menyampaikan sebagai seorang calon engineer maka mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pabrik karena saat dilapangan proses produksi itu sudah ada akantetapi yang pelu dicari itu alternatif lain dari proses tersebut yang lebih efisien dan ekonomis.

“Mahasiswa juga perlu lebih banyak membaca referensi terbaru, belajar lebih giat dan sungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita, perkuat menggunaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan mengingat jurusan teknik kimia akan bergelut di industri maka harus diperbanyak berkomunikasi dengan praktisi dari industri,” pesannya. (**Ubay-Humas UBH)

Digital Campus

Beasiswa dan Lowongan Kerja

Promosi Jurusan

Jurnal

  

Templates by Joomlashine