Dekan Fakultas Teknologi Industri
Universitas Bung Hatta
Dr. Hidayat, ST, MT

Home

Articles

Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Melakukan Penyuluhan Saat WKMTK

FTI-UBH, Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan penyuluhan mengenai pemanfaatan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) yang bertempat di Musalla Korong Rukam Pauh Manih, Nagari Koto Dalam, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman pada 19 Desember 2015.


Penyuluhan ini disampaikan oleh Imam Mardhatillah Fajri mahasiswa Jurusan Teknik Kimia angkatan 2012 saat kegiatan Wahana Kreativitas Mahasiswa Teknik Kimia (WKTMTK) yang ke-15 yang berlangsung dari 18 hingga 20 Desember 2015.

Imam yang sedang melakukan penelitian pembuatan BBM dari sampah plastik ini menyampaikan selama ini sampah plastik dibuang begitu saja atau sebatas untuk menjadi kerajinan tangan, padahal sampah plastik ini dapat juga dimanfaatkan untuk menjadi BBM yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Sampah plastik juga menjadi masalah terbesar bagi lingkungan sebab tidak mudah untuk dilakukan proses daur ulang terutama bagi alam.

“Untuk menghasilkan BBM dari sampah plastik, perlu dilakukan berbagai tahapan proses dimulai dari pemilihan jenis sampah plastik, pemotongan plastik-plastiknya, persiapan alat penyulingan hingga nantinya dapat memperoleh minyaknya,” ujarnya.

Ketua Pelaksana WKMTK ke-15, Wahyu Rahmat Putra menyampaikan kegiatan penyuluhan ini menjadi bagian dari rangkaian acara WKMTK yang bertujuan untuk melaksanakan salah satu program Triharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu diadakan bagi seluruh mahasiswa baru Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta angkatan 2015 agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat. Selain penyuluhan terdapat rangkaian aktivitas lainnya seperti gotong-royong bersama warga, out bond dan ditutup dengan kegiatan kebersamaan dalam api unggun,” imbuhnya.

Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta, Dr Eng Reni Desmiarti, ST, MT mengatakan mahasiswa akan belajar untuk berbaur dengan masyarakat sebagai bekal nantinya dalam mengikuti Kuliah Kerja Nyata dan juga untuk mempererat kebersamaan serta kekompakan antara mahasiswa baru dengan mahasiswa yang telah senior.

“Kita berharap dengan WKMTK ini dapat memberikan manfaat bagi daerah yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini dan bila dimungkinkan dapat bersinergi antara jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dan Nagari Koto Dalam untuk mengadakan pengembangan melalui pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan penyuluhan ini dikuti juga oleh dosen Teknik Kimia Dra. Munas Martynis, M.Si, Wali korong dan masyarakat Korong Rukam Pauh Manih serta mahasiswa peserta WKMTK ke-15. (**Ubay- Humas UBH)

Digital Campus

Beasiswa dan Lowongan Kerja

Promosi Jurusan

Jurnal

  

Templates by Joomlashine