Dekan Fakultas Teknologi Industri
Universitas Bung Hatta
Dr. Hidayat, ST, MT

Home

Articles

Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Kunjungi Industri di Jawa

FTI-UBH. Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta melakanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Banten, Bandung dan Jakarta dari 11 hingga 15 Januari 2016.


Dalam kegiatan ini, dilakukan kunjungan industri ke empat pabrik berbeda, seperti PT. Chandra Asri.Tbk, PT. Lotte Chemical Titan, PT. Krakatau Steel.Tbk, dan PT. Krakatau Daya Listrik di kawasan Cilegon, Banten dan kunjungan ke kampus Institut Teknologi Bandung.

KKL kali ini diikuti oleh 15 mahasiswa angkatan 2014 dengan didampingi dua dosen pembimbing, seperti Ellyta Sari, ST., MT., dan Dr. Maria Ulfah, ST., MT.

Ketua Rombongan KKL, Ellyta Sari mengatakan Kuliah Kerja Lapangan merupakan sebuah mata kuliah pilihan yang masuk ke dalam kurikulum Teknik Kimia Universitas Bung Hatta. Melalui kegiatan ini, dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai peranan lulusan Teknik Kimia saat bekerja di industri nanti.

"Nantinya mahasiswa akan melihat sejauh mana proses produksi, kebutuhan utilitas dan pengolahan limbah yang ada di pabrik secara langsung serta bisa mengetahui aplikasi ilmu Teknik Kimia di industri," jelasnya.

Ditambahkannya, selama mengikuti kuliah kerja lapangan mahasiswa akan ditugaskan untuk mencari informasi sebanyak-banyak dari industri yang dikunjungi. "Dalam KKL kali ini, kita juga mengunjungi Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung, semoga dengan berkunjung ke salah satu institut terkemuka di Indonesia ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa kita dan mengambil yang baik-baik dari mahasiswa ITB," harap Ellyta.

Sementara itu, Kepala Dinas Protokol PT. Krakatau Steel Eko Jumadi menyambut dengan baik kunjungan yang dilakukan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Bung Hatta karena PT. Krakatau Steel sangat terbuka dengan dunia pendidikan, sebab dunia pendidikan tidak bisa dipisahkan dengan dunia industri atau perusahaan dan merupakan suatu siklus satu kesatuan yang tidak putus-putus. Pendidikan merupakan sember sumber daya manusia bagi dunia industri.

"PT. Krakatau Steel juga sangat terbuka untuk mahasiswa-mahasiswa yang akan melakukan Kerja Praktik (KP), penelitian dan termasuk dalam pembuatan skripsi," sambung Eko.

Ia mengatakan agar mahasiswa dapat belajar dengan baik selama mengikuti kunjungan ini, tingkatkan soft skill karena dunia kerja sangat membutuhkan keterampilan soft skill dan siap menerima orang dan diterima orang. "Yang paling penting jaga nama baik orang tua, dosen dan almamater," tutup Eko.

Berbeda dengan Eko, salah satu Alumni Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Angkatan 2008 Chandra Wirma Divisi Pembangkit PT. Krakatau Daya Listrik mengungkapkan, KKL merupakan kegiatan yang bagus, karena adik-adik mahasiswa dapat membandingkan antara teori di kelas dengan praktik langsung ke lapangan, apalagi lulusan Teknik Kimia memiliki peranan penting di industri.

"Adik-adik mahasiswa harus belajar yang rajin, tetap semngat, jangan asal kuliah karena penyesalan akan datang dikemudian hari. Mudah-mudahan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta semakin sekses dan lebih bagus lagi kedepannya," papar Chandra. (**Humas UBH-Cipa WP)

Digital Campus

Beasiswa dan Lowongan Kerja

Promosi Jurusan

Jurnal

  

Templates by Joomlashine