Dekan Fakultas Teknologi Industri
Universitas Bung Hatta
Dr. Hidayat, ST, MT

Home

Articles

Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Kunjungi Ubaya dan UPN Surabaya

FTI-UBH. Mahasiswa dan dosen Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Universitas Bung Hatta mengadakan kunjungan institusi ke dua perguruan tinggi di pulau Jawa yang memiliki jurusan Teknik Kimia yaitu Universitas Surabaya dan UPN Surabaya pada 02 dan 04 Maret 2016.

Kunjungan ini diikuti oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Dr. Eng. Reni Desmiarti ST, MT, Kepala Laboratorium Proses Industri Kimia dan Operasi Teknik Kimia Ir Elmi Sundari, MT dan tiga orang mahasiswa yaitu Kimia Maulana Yusup Rosadi, Ulung Muhammad Sutopo dan Putra Anugrah.

Dalam Kunjungan ke Jurusan Teknik Kimia Universitas Surabaya disambut langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Surabaya Dr. Emma Savitri ST., M. Sc dan Kepala Laboratorium Polimer Dr. Eddy Purwanto, ST., M. Sc. 

Sedangkan kunjungan ke Jurusan Teknik Kimia UPN diterima langsung oleh Wakil Rektor III Ir. Mu’tasim Billah, MS, Pimpinan Kapusdimas LPPM Dr. Ir. Edi Mulyadi SU dan Ketua Jurusan Teknik Kimia Ir. Retno Dewati, MT beserta staf dosen.

Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Dr. Eng. Reni Desmiarti ST, MT menyebutkan dipilhnya kedua dua kampus tersebut merupakan perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Kegiatan ini dilakukan untuk menyusun strategi Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta menuju Akreditasi A sekaligus untuk kerja sama dalam rangka membantu untuk meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran di Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta.

“Berdasarkan hasil kunjungan dan bila dibandingkan dengan jurusan Teknik Kimia Universitas Surabaya dan Teknik Kimia UPN Surabaya, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan oleh Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta di bidang proses pembelajaran adalah peningkatan fasilitas alat laboratorium terutama untuk praktikum dan penelitian terutama analisis,” sebutnya.

Reni mengatakan untuk di bidang SDM perlunya mendorong dosen untuk mendapatkan gelar profesor. Dalam kaitannya penelitan dan pengabdian perlu adanya penambahan laboratorium khusus untuk penelitian dan pilot plant, penyiapan ruangan khusus untuk pameran hasil karya FTI, peningkatan jumlah dosen yang dapat hibah penelitian dan PKM dari pihak luar.

Kemudian peningkatan jumlah publikasi dosen baik di seminar maupun jurnal dan yang tidak kalah penting adalah harus berani membuat Paten hasil karya dosen serta mengaplikasikan untuk masyarakat.

Sedangkan di bidang kemahasiswaan adalah prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan international, peningkatan kerja sama antara Jurusan dan himpunan mahasiswa. Di bidang alumni adalah, peningkakan peran alumni untuk kemajuan Jurusan Teknik Kimia dalam membantu pendaanaan, kuliah umum, kerja praktek dan informasi lowongan kerja.

“Kita akan menyusun strategi untuk menutupi beberapa kekurangan yang ada di Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta untuk reakreditasi pada tahun 2018. Semoga usaha kita ini mendapatkan dukungan berbagai kalangan dimulai dari dosen, mahasiswa, alumni, pimpinan universitas dan fakultas hingga Yayasan Pendidikan Bung Hatta,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)

Digital Campus

Beasiswa dan Lowongan Kerja

Promosi Jurusan

Jurnal

  

Templates by Joomlashine