Tentang Jurusan Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta berdiri tahun 1994 dan berlokasi di kampus III Universitas Bung Hatta, Jalan Gajah Mada No.19 Olo Nanggalo Padang. Saat ini jurusan sudah mempunyai status terakreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor: 018/BAN-PT/Ak-XII/S1/VII/2009.

Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta telah berhasil mendapatkan bantuan dari DIKTI HIBAH A1 tahun 2004 – 2005 dan PHK-I tahun 2009 – 2011 untuk pengembangan proses pembelajaran, sarana dan prasarana sehingga lulusan yang dihasilkan lebih berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Spesifikasi Program Studi
1. Perguruan Tinggi : Universitas Bung Hatta
2. Pelaksana Proses Pembelajaran

  • Fakultas : Teknologi Industri
  • Jurusan : Teknik Kimia
  • Program Studi : Teknik Kimia S1

3. Program Diakreditasi oleh : BAN PT 2009 dengan nilai B
4. Gelar Lulusan : Sarjana Teknik (S.T.)

Kriteria Calon Mahasiswa

1. Calon mahasiswa yang akan masuk ke Program Studi Teknik Kimia berasal dari SMA, SMK, dan MAN yang lulus seleksi ujian masuk Univ. Bung Hatta dan PMDK.
2. Jika calon berasal dari SMA dan MAN yaitu dari jurusan IPA sedangkan dari SMK diharapkan dari SMTI, SMAKPA atau yang berkaitan dengan Program Studi Teknik Kimia.

Indikator Kualitas dan Standar
1. Program studi Teknik Kimia terakreditasi C oleh BAN pada tahun 2000
2. Program studi Teknik Kimia terakreditasi C oleh BAN pada tahun 2003
3. Program studi Teknik Kimia terakreditasi C oleh BAN pada tahun 2006
4. Program studi Teknik Kimia terakreditasi B oleh BAN pada tahun 2009
5. Program studi Teknik Kimia memberikan konsultasi dan menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan departemen, BUMN, perusahaan regional dan nasional.