Web Portofolio dan Manfaatnya dalam Melamar Kerja

Web Portofolio dan Manfaatnya dalam Melamar Kerja

Di kalangan fresh graduate (lulusan baru), kata portofolio masih terdengar asing. Untuk mengetahui manfaat web portofolio, sudah seharusnya kita mengenal apa itu web portofolio. Web portofolio merupakan salah satu cara untuk memudahkan perusahaan dalam merekrut calon karyawan.

Sementara Pada Fakultas Teknologi Industri, kemahiran dalam merancang dan mengembangkan sebuah website yang baik untuk berbagai tujuan merupakan salah satu kompetensi yang dibekalkan untuk para mahasiswa terutama dari prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ).

Kompetensi ini menjadi penting, karena Fresh graduate yang membuat portofolio akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti berikut :
1. Mendapat tawaran pekerjaan dengan cepat
Perusahaan yang menawarkan pekerjaan di situs pencari online, tentu mencari karyawan tercocok dengan kebutuhan perusahaan.

Web portofolio dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan apakah si calon karyawan ini layak atau tidak untuk mengikuti tahap rekrutmen selanjutnya. Maka, penting sekali adanya web portofolio yang berisi hasil karya atau kualifikasi si calon karyawan.


2. Mendokumentasikan hasil karya dan pengalaman yang pernah sudah diraih
Ingatan manusia sangatlah terbatas, maka sangat diperlukan suatu platform untuk mendokumentasikan semua hasil karya atau pengalaman yang dianggap penting.

Dengan adanya dokumentasi hasil karya yang berupa web portofolio akan sangat membantu si calon karyawan untuk menunjukkan hasil karya atau mendiskripsikan hasil karyanya saat ditanya oleh HR atau rekruter pada saat wawancara.


3. Meningkatkan personal branding untuk fresh graduate
Pada era digital sekarang ini, personal branding sangat dibutuhkan. Personal branding merupakan suatu cara kita memperkenalkan diri dan kemampuan yang kita miliki dengan bahasa yang sederhana dan dimengerti orang lain.

Dengan adanya web portofolio yang berisikan kualifikasi calon karyawan, maka akan menambah kredibilitas calon karyawan tersebut di hadapan rekruter atau HR (Human Resource).

Sumber: https://idcloudhost.com/