4 Terobosan Dibidang Teknologi Industri Yang Perlu Kamu Ketahui

4 Terobosan Dibidang Teknologi Industri Yang Perlu Kamu Ketahui

Kehadiran inovasi dan terobosan di berbagai bidang dianggap penting, terutama dibidang teknologi industri. Kenapa demikian? adanya terobosan menandakan terjadinya proses perubahan menuju kemajuan pada sesuatu.

Dampak umum dari sebuah terobosan adalah terjadinya efisiensi waktu dan biaya, dalam dunia industri hal ini tentu sangat krusial karena pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan dan potensi laba yang akan diraih.

Paling tidak ada 4 terobosan besar dibidang teknologi industri yang perlu kamu ketahu, berikut 4 terobosan yang dimaksud:

  1. Printing 3 Dimensi
    Munculnya printing 3 dimensi menjadikan dunia industri memasuki babak baru, dimana berpotensi terjadinya efisiensi besar-besaran, tenaga manusia yang digantikan mesin dan minim human error. Printing 3D ini merupakan proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain digital menjadi produk yang berbentuk, bisa disentuh dan memiliki volume.

2. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau yang sering juga disebut sebagai artificial intelligence (AI) adalah sebuah kemajuan. AI menjadikan pengambilan keputusan dan pemecahana masalah menjadi mudah dengan parimeter-parimeter tertentu, banyak perusahaan-perusahaan besar didunia telah menerapkan AI dalam operasional manajemen mereka seperti misalnya Google, Amazon, dan Microsoft.

3. Internet of Things (IoT)

IoT adalah mengalami kemajuan yang cukup pesat dikalangan industri, karena IoT merupakan otomatisasi mesin dengan target-target tertentu, meminimalisir human error dalam pekerjaan seperti manufakturing, penjadwalan, dan lainnya.

4. Gas tanpa polusi

Di Amerika telah dilakukan uji coba penerapan kota ramah lingkungan dengan meniadakan polusi dari gas, teknologi baru ini diuji coba pada sebuah pembangkit listrik di kota Houston, metode yang digunakan cukup sederhana yakni dengan mendaur ulang karbon dioksida secara terus menerus sebelum dilepaskan ke udara.

Demikian empat terobosan yang terjadi dibidang teknologi industri yang perlu kamu ketahui, empat terobosan ini diprediksi akan terus mengalami perkembangan dari banyak sisi karena seperti kita tahu bahwa inovasi bukan hanya menciptakan barang baru tetapi juga memberi pembaharuan pada yang sudah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *