Program Pertukaran Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta

Program Pertukaran Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta

Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Bung Hatta, semester genap 2020/2021 mulai mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Implementasi MBKM dimaksud adalah Program Magang Industri dan Program Pertukaran Mahasiswa. Khusus untuk Program Pertukaran Mahasiswa FTI bekerja sama dengan  Universitas Mitra yaitu, FTI Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Yogyakarta dan  FTI Universitas Jayabaya (UJ) Jakarta. Kepada mahasiswa FTI angkatan 2018, 2019 dan 2020 ditawarkan untuk mengambil mata kuliah kuliah di UPNV Yogyakarta dan Universitas Jayabaya Jakarta.

Pengambilan Matakuliah oleh mahasiswa FTI pada salah satu Prodi Universitas Mitra di atas berdasarkan kesesuian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) masing-masing Matakuliah yang beririsan dengan Matakuliah di prodi masing-masing.  Persyaratan lain adalah IPK Mahasiswa >3,00, berada disemester 2, 4 dan 6 dan mendapat rekomendasi dari Dosen Pembimbing Akademik (PA). Nilai mata kuliah maupun SKS yang ditempuh di Perguruan Tinggi Mitra  akan disetarakan dengan Nilai Matakuliah pada Prodi masing-masing dan diinputkan malalui portal Universitas Bung Hatta. Diharapkan Program Pertukaran Mahasiswa ini dapat memberikan kesempatan pengalaman belajar mahasiswa dengan Dosen Perguruan Tinggi Mitra sehingga dapat mengembangan kreativitas, kapasitas, inovasi, kepribadian mahasiswa FTI Universitas Bung Hatta.

Program Pertukaran Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta

Mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa akan mendapatkan Surat Keterangan atau Sertifikat dari Perguruan Tinggi Mitra dan FTI Bung Hatta. Untuk Universitas Jayabaya Jakarta Matakuliah yang bisa di ambil pada semester 2, 4 dan 6 sedangkan pada Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta menawarkan Matakuliah semester 4 dan 6.

Berikut adalah timeline dari Program Pertukaran Mahasiswa di FTI

  1. Pendaftaran: 18 s.d. 22 Februari 2021
  2. Seleksi dan Pengumuman: 23 s.d. 24 Februari 2021
  3. Proses pengajuan usulan mahasiswa peserta MBKM ke Prodi Mitra: 25 Februari 2021
  4. Input KRS di Prodi Mitra (UPNVY dan UJ Jakarta): 1 s.d. 5 Maret 2021
  5. Perkuliahan di PT Tujuan: 8 Maret 2021

Prosedur dan Dokumen persyaratan program ini di antaranya:

  1. Transkrip Nilai Sementara
  2. Surat Rekomendasi Dosen PA (dapat di download di https://s.id/rekomPAFTIUBH)
  3. Surat Perjanjian/Pakta Integritas (dapat didownload di https://s.id/faktaintegritasFTIUBH )
  4. Mendaftar melalui link https://s.id/mbkmFTIUBH
  5. Melengkapi dokumen di link masing-masing program studi di :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *