Dosen dan Tim Robot FTI Berbagi Ilmu Dengan Siswa SMAN 1 Batusangkar

Dosen dan Tim Robot FTI Berbagi Ilmu Dengan Siswa SMAN 1 Batusangkar

10 Profesi Akan Digantikan Mesin dan Robot.
Mesin dan robot yang diciptakan manusia, seiring dengan makin pesatnya perkembangan teknologi, lambat laun akan menggantikan beberapa profesi yang ditekuni.

Demikan disampaikan Mirza Zoni, ST,.MT Dosen Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta bersama dengan tim robot UBH di hadapan pelajar SMAN 1 Batusangkar secara online melalui aplikasi zoom meeting, Jumat, 11/6/2021.

Menurut Mirza, yang dikutibnya dari AsiaQuest Indonesia, ada 10 profesi yang akan digantikan mesin dan robot, antara lain : profesi input data atau data entri akan digantikan oleh data analys/scientist, akan tetapi posisi manager dari bidang ini akan tetap ada, kemudian profesi accounting akan digantikan dengan AI dan Machine Learning Specialist.

Selanjutnya profesi Administrasi dan Sekretaris Eksekutif juga akan dialihkan dengan bantuan Software/Application Developers dan Analyst. Profesi tenaga rakit dan pekerja pabrik kemungkinan besar akan digantikan oleh Spesialis Data Analyst. Kemudian profesi Bisnis dan Administrasi akan mengalami pengurangan dan mungkin fokus akan dialihkan ke sales dan marketing. Profesi Akuntan dan Auditor juga akan beralih pada posisi New Technology Specialist. Profesi ini akan menekankan pada peran Human Resource Specialist.

Berikutnya profesi pencatat Stok dan Material akan digantikan oleh Organizational Specialist bersama dengan Penasehat Finansial dan Investasi. Profesi Manager Operasional akan digantikan oleh Software and Application Developers atau Database and Network Specialist. Tidak hanya itu, Jasa Pos juga akan digantikan oleh Supply Chain and Logistics Specialist bersama dengan Information Technology Service. Kemudian Pusat Informasi dan Layanan Pelanggan juga akan digantikan oleh Sales and Marketing serta Digital Transformation Specialist.

Disebutkan Mirza, bahwa teknologi robot dan otomatisasi mesin sudah menggantikan pekerjaan-pekerjaan manusia. “Sekarang pekerjaan yang dikerjakan manusia dengan mudah dikerjakan oleh robot” jelas Mirza.
Sementara itu, Indrawati,S.Pd Kepala Sekolah SMAN 1 Batusangkar yang hadir mengikuti acara, menyambut baik acara yang digelar Tim Robot UBH itu, menurutnya kegiatan ini akan memberi nilai tambah tersendiri dan membuka wawasan bagi siswa-siswa di SMAN 1 Batusangkar khususnya. Ditambahkan Indrawati, dalam hal ini SMAN 1 Batusangkar siap menjadi tuan rumah Tim Robot UBH untuk menggelar pelatihan dan pengenalan teknologi robot dan membekali generasi muda dengan ketrampilan dan kemampuan untuk menghadapi masa depan yang terus berkembang.

Powered by : Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *