Program Studi TRKJ UBH, Prodi Vokasi Pertama Berakreditasi Baik di Pulau Sumatera

Program Studi TRKJ UBH, Prodi Vokasi Pertama Berakreditasi Baik di Pulau Sumatera

Program studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ) Universitas Bung Hatta, Padang merupakan Prodi Vokasi D4 TRKJ swasta pertama dan satu-satunya di Pulau Sumatera, memiliki akreditasi Baik. Hal ini disampaikan Kepala Prodi Riska Amelia, didampingi Budi Sunaryo, selaku Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PUSTIKOM) UBH.

Riska Amelia saat dihubungi Senin 28 Juni 2021 mengatakan prodi ini setara S1 yang berada di Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta. “Prodi ini istimewa karena menggabungkan ilmu komputer dan ilmu jaringan dalam satu prodi, ditambah lagi dengan pembekalan keahlian multimedia yang mampu melengkapi skill lulusan didunia kerja nanti. Selain itu, dengan adanya pembelajaran lapangan berbasis proyek akan memacu kreatfitas mahasiswa sehingga mampu menjadi problem solver,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk lulusan prodi ini nantinya akan ikut program magang bersertifikat di perusahaann terkait dengan teknologi untuk memperdalam pengalaman mereka. Kemudian lulusan prodi TRKJ ini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan atau disingkat S.Tr dan bisa melanjutkan untuk S2.

“Kurikulum TRKJ memakai kurikulum revolusi indsutri 4.0 dengan mengimplementasikan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbud RI, 70 persen praktikum 30 persen teori. Ini sesuai dengan arah kebijakan pendidikan nasional yang mengarah pada memperkuat dan memperbanyak pendidikan vokasi,” ujarnya bersama Dosen dan Kepala Labor Komputer Zulfadli.

Lebih lanjut, Kepala Prodi TRKJ UBH menambahkan bahwa juga terdapat program pertukaran mahasiswa dengan kampus lain, baik kampus nasional maupun luar negeri serta juga ada program magang bersertifikat ke industri-industri besar. Beberapa keahlian mahasiswa Prodi TRKJ ini adalah mampu membuat dan mengembangkan website statis dan dinamis, programming termasuk untuk yang berbasis mobile programming, dan multimedia, mampu mengimplementasikan kemampuan jaringan komputer dalam dunia industri serta mampu meraih sertifikasi keahlian dan mendirikan serta mengembangkan Start-up berbasis teknologi.

Secara terpisah, Budi Sunaryo, menjelaskan untuk tenaga pengajar dosen merupakan dosen berkompeten lulusan nasional dan internasional, dengan pengalaman akademik dan praktisi yang kuat dibidangnya.

Untuk prospek kerja mahasiswa lulusan Prodi TRKJ sangat fleksibel, bisa menjadi PNS, karyawan swasta, maupun membuka lapangan kerja sendiri karena lulusan juga dibekali keahlian mengembangkan perusahaan rintisan atau yang populer sekarang dengan sebutan Start-up. Peluang kerja luas seperti menjadi sistem analis, perancang web, game developer, database administrator, programmer, cyber security, ahli digital marketing, ahli jaringan, dan konsultan IT serta banyak prospek bergengsi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *