UBH Sukses Selenggarakan ESTIC, Konferensi Internasional Bidang Engineering dan Teknologi

UBH Sukses Selenggarakan ESTIC, Konferensi Internasional Bidang Engineering dan Teknologi

Universitas Bung Hatta (UBH) sukses selenggarakan 6th Engineering Science and Technology International Conference (ESTIC) 2021, secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan disiarkan langsung pada kanal Youtube Universitas pada Rabu (27/10/2021).

Rangkaian kegiatan yang menghadirkan empat keynote speakers dari berbagai Negara ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Ir. Tafdil Husni, SE., MBA. Selaku Rektor Universitas Bung Hatta, sementara seremoni penutupan dilakukan oleh Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta, Dr. Elfiondri, M. Hum.

Empat keynote speaker yang hadir adalah Prof. Dr. Hafrijal Syandri, MS. Dari UBH, lalu ada Prof. Dr. Ir. Husni Husin, MT. Dari Universitas Syiah Kuala, Aceh. Kemudian Assoc. Prof. Ardiansyah Syahrom dari Universiti Teknologi Malaysia, Johor, Malaysia. Dan terakhir adalah Prof. Aris A. Syntetos dari Cardiff University, United Kingdom.

Prof. Dr. Hafrijal Syandri, MS. Memaparkan penelitian berjudul “Economic Growth and Environmental Damage: Challanges to Save: Lake Maninjau, Indonesia”, sedangkan Prof. Dr. Ir. Husni Husin, MT bicara tentang “Highly Performance Nickel Core-shell/La-NaTa03 Nanoparticles to Promotoes Hydrogen Generation”, sementara Assoc. Prof. Ardiansyah Syahrom mengulas “Development of Degradable Porous Scaffold for Trabecular Bone Interlog”, terakhir Prof. Aris A. Syntetos dari Cardiff University, United Kingdom mengulas tentang “RemakerSpace: Addictive Manufacturing Serves the Circular Economy”

Konferensi ini bekerjasama dengan AIP Publishing, Cardiff University, Universiti Teknologi Malaysia, Universitas Syiah Kuala, King Fadh University Saudi Arabia. Sementara untuk keluaran akan terindeks Scopus, Google Schoolar, Scimago Journal & Rank, dan AIP Publishing. Tercatat sebanyak 51 peserta dari tiga Negara ikut pada konferensi ini.

Dr. Burmawi, ST., MT selaku Chairman dalam sambutannya berharap ESTIC ini  dapat berkontribusi pada peningkatan sharing dan penggunaan hasil kajian pada dunia penelitian di berbagai Negara.

“Kami berharap konferensi ini mampu menjadikan persaudaraan diantara seluruh peserta dan juga panitia menjadi lebih kuat serta berkontribusi pada meningkatnya useful knowledge to the world”pungkasnya.

Konferensi ESTIC pada tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke enam kali, rutin diselenggarakan setiap tahun dengan topik yang berbeda, untuk tahun ini diselenggarakan secara virtual karena mempertimbangkan keadaan dunia yang masih dalam era covid-19.

*Fadli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *