Kunjungan Kerja Dekan FTI-UBH Disambut Hangat Tiga Kampus Ternama di Yogyakarta

Kunjungan Kerja Dekan FTI-UBH Disambut Hangat Tiga Kampus Ternama di Yogyakarta

Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Bung Hatta (UBH), Prof. Dr. Eng., Reni Desmiarti, S.T., M.T. lakukan kunjungan kerja ke tiga kampus ternama di Yogyakarta, turut serta dalam kunjungan ini Erda Rahmilala Desfitri, S.T., M.Eng., P.hD. Dosen teknik kimia UBH,  rangkaian kunjungan kerja itu dilaksanakan pada 27 & 28 Oktober 2021.


Tiga Fakultas dari kampus yang berbeda menjadi tujuan kunjungan ini adalah, Fakultas Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN” Yogyakarta (FTI-UPNVY), lalu Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI-UAD), dan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI-UII).

Di FTI-UPNVY, kedatangan Prof. Dr. Eng., Reni Desmiarti, S.T., M.T. disambut langsung oleh Ir. Mahreni, MT. Ph.D selaku Dekan dan beberapa orang jajaran yang terdiri dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Apriani Soepardi, S.T.P, M.T, Wadek Bidang umum dan Keuangan Ir. Harsa Pawingya, M.T, Kajur Teknik Kimia Dr, Adi Ilcham, ST, M.T, Kajur Tknik Industri Dr. Sadi, ST, M.T, Kajur Informatika Dr. Awang H. Pratono, ST, M.T dan Koordinator TU FTI Dra. Sri Praswidjanti.

Pertemuan ini dibuka oleh Dekan FTI-UPNVY dan banyak membahas tentang peningkatan kerjasama melalui berbagai kegiatan seperti program exchange lecture dalam bentuk pertukaran penguji pada sidang tugas akhir, team teaching dan join seminar/symposium untuk memfasilitasi Mahasiswa dalam mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya. Seperti yang diketahui bahwa pertukaran Mahasiswa antara kedua lembaga sebetulnya telah mulai dilaksanakan, pada semester ini masih berlangsung secara virtual. Kegiatan ini diakhiri dengan tour ke beberapa fasilitas seperti labor statisik, komputasi dan jaringan, robotik, dan sistem produksi.

Sementara itu di FTI-UAD, pembahasan banyak dilakukan terkait kerjasama dan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diantaranya team teaching, lecturer exchange dan student exchange. 

Jajaran Kaprodi dan Dosen hadir pada diskusi ini seperti Kaprodi Sarjana Teknik Kimia, Dr. Erna Astuti, S.T., M.T., I.P.M, Kaprodi Magister Teknik Kimia , Dr. Ir. Siti Jamilatun, M.T  dan dosen program studi Magister Teknik Kimia Aster Rahayu, S.Si., M.Si., Ph.D.

Agenda kunjungan kerja untuk peningkatan kerjasama dan Implementasi MBKM seterusnya dilaksanakan pada FTI-UII, kunjungan ini disambut langsung oleh Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, MT., IPU selaku Dekan didampingi oleh Wakil Dekan bidang sumber daya, Dwi Ana Ratnawati, ST, M.Eng. Dalam sambutannya Prof. Hari menyampaikan harapannya agar kerjasama ini bisa dilaksanakan dengan baik demi kemajuan kedua Institusi Pendidikan. Kerjasama yang telah disepakati adalah student exchange dan lecturer exchange yang telah sampai pada penyusunan draft Memorandum of Agreement (MoA).

Kunjungan kerja pada tiga Kampus ini makin terasa istimewa karena turut didampingi oleh alumni teknik kimia Universitas Bung Hatta seperti Dr. Eng. Aldila Joni Fajri, S.T., M.Eng. Yang kini menjadi dosen di Teknik Lingkungan UII, kemudian Dr. Eng. Farrah Fadhillah Hanum, S.T., M.Eng. Dosen Teknik Kimia di UAD.

Sementara itu, Dekan FTI Universitas Bung Hatta dalam setiap kesempatan selalu menyampaikan tekadnya untuk membawa FTI Universitas Bung Hatta menjadi Institusi yang terdepan dalam mutu dan pelayanan pendidikan, hal ini diwujudkan dengan beberapa terobosan seperti aktif menjalin kerjasama strategis dengan mitra baik dari kalangan Industri, pemerintah maupun antar lembaga pendidikan, seperti yang dilakukan pada kunjungan kerja ke kampus-kampus di Yogyakarta ini. Bahkan guna mencapai standar mutu pendidikan terbaik, Profesor lulusan Gifu University Jepang ini menargetkan prodi-prodi di FTI lulus standar akreditasi Internasional melalui Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *