Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Eng Reni Desmiarti, S.T., M.T secara resmi membuka kegiatan Pendidikan Karakter yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2024/202 di Masjid Kampus III Universitas Bung Hatta, Gunung Pangilun Padang, Jumat,11/10/2024.

Dalam sambutannya Reni menyebutkan, bahwa Pendidikan Karakter (Pendikar) bagi mahasiswa baru bertujuan membentuk mahasiswa yang tidak hanya kompeten dalam bidang teknologi, tetapi juga memiliki karakter kuat dalam integritas, disiplin, dan kepemimpinan dalam mendukung keberhasilan akademik dan profesional mahasiswa.

Disebutkan Reni, bahwa di era teknologi yang terus berkembang, kita tidak hanya memerlukan tenaga ahli yang kompeten secara teknis, tetapi juga individu yang memiliki integritas, kepedulian, dan etika yang tinggi. Pendidikan karakter ini akan menjadi fondasi penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri secara holistic.

Program Pendikar ini, merupakan bagian dari upaya FTI UBH untuk menciptakan lulusan yang siap bersaing di dunia industri, tidak hanya dengan keterampilan teknis, tetapi juga dengan sikap profesional yang berlandaskan nilai-nilai moral dan etika.

“Bung Hatta selalu menekankan pentingnya pendidikan untuk membentuk pribadi yang berkarakter. Oleh karena itu, sebagai bagian dari universitas yang membawa Bung Hatta, sebagai civitas akademika sangat mengedepankan nilai-nilai tersebut”, jelas Reni

Program Pendikar dijadwalkan berlangsung selama satu tahun setiap hari Jum’at dua kali dalam sebulan, dengan berbagai kegiatan lanjutan yang akan mendukung pengembangan soft skills mahasiswa. Fakultas berharap melalui program ini, para mahasiswa baru Fakultas Teknologi Industri UBH dapat menjadi generasi yang tidak hanya unggul di bidang teknologi, tetapi juga memiliki karakter yang kuat sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.(*RD).