MEMILIH PROGRAM STUDI
Oleh : Dr. Firdaus, ST, MT
Ketua Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri

Memilih jurusan kuliah merupakan suatu hal yang sifatnya krusial bagi calon mahasiswa baru sehingga harus benar-benar dipikirkan dengan matang. Salah satu jurusan yang saat ini sangat diminati adalah Teknik Kimia. Sejalan dengan era pengembangan industri hilir untuk Indonesia Emas 2045, Jurusan Teknik Kimia memiliki peluang kerja yang sangat luas.

Lulusan jurusan Teknik Kimia bisa berkarir di semua industri hilir mulai dari perminyakan dan petrokimia, CPO dan minyak goreng serta turunannya, pupuk, polimer dan turunannya, pengolahan hasil tambang dan mineral, pulp dan kertas, rayon dan tekstil, hingga industri farmasi, makanan, dan industri-industri lainnya.

Saat ini di Indonesia sudah banyak universitas yang menawarkan jurusan Teknik Kimia, bahkan beberapa di antaranya merupakan universitas favorit yang menjadi incaran calon mahasiswa. Bagi adik-adik yang ingin mengambil jurusan Teknik Kimia tetapi gagal lulus di Teknik Kimia UI, Teknik Kimia ITB, Teknik Kimia UGM, atau Teknik Kimia ITS tidak perlu larut dalam kecewa dan sedih. Keempatnya memang masuk 4 top 4 Jurusan Teknik Kimia terbaik di Indonesia dan masuk peringkat dunia.

Lembaga perangkingan QS merilis daftar universitas dengan jurusan Teknik Kimia terbaik di dunia, termasuk juga di Indonesia melalui QS World University Rankings by Subject 2024 (QS WUR by Subject).

Berdasarkan hasil penelitian QS WUR by Subject 2024 disebutkan bahwa ada 4 universitas dengan jurusan Teknik Kimia yang masuk dalam peringkat dunia versi THE WUR by Subject 2024.

Jurusan Teknik Kimia Universitas Indonesia (UI) Peringkat 1 Nasional dan Peringkat Dunia: 301-350. Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) Peringkat 2 Nasional dan Peringkat Dunia: 351-400. Jurusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM) Peringkat 3 Nasional dan Peringkat Dunia: 351-400. Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Peringkat 4 Nasional dan Peringkat Dunia: 351-400.

Untuk adik-adik yang tetap ingin kuliah di Jurusan Teknik Kimia dan masih menimbang-nimbang ingin masuk ke perguruan tinggi mana, maka kami punya rekomendasi untukmu, yaitu Teknik Kimia Universitas Bung Hatta. Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta telah terakreditasi Provisionally Accredited (PA) dari International Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dan terakreditasi Baik Sekali oleh BAN-PT.

Saat ini Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta sedang proses pengajuan akreditasi ke LAM Teknik dan asesmen lapangan dijadwalkan tanggal 2-3 Juli 2024.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi spmb.bunghatta.ac.id.

Related Post