Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta memberikan apresiasi kepada Mahasiswa Baru angkatan 2024 yang meraih nilai tertinggi dalam pengisian kuesioner. Pemberian apresiasi tersebut dilakukan di Ruang Dekan FTI, Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Kamis (19/09/2024).

Kuesioner ini merupakan bagian rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) berisi tentang seputar kampus. Berdasarkan hasil kuesioner, FTI memperoleh skor tertinggi setelah dilakukan perhitungan rata-rata. Apresiasi diberikan kepada sepuluh orang maba FTI, dengan penyerahan hadiah turut dihadiri Dekan, Kepala Program StudiTeknik Kimia, Teknik Industri dan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan.

Prof. Dr. Eng. Ir. Reni Desmiarti, S.T., M.T, berpesan agar mahasiswa baru menguasai bahasa Inggris. Menurutnya, tanpa kemampuan tersebut, akan sulit bersaing dengan jurusan lain di perguruan tinggi, bahkan untuk kesempatan ke luar negeri.

“Banyak platform untuk menguji kemampuan bahasa inggris. Asah kemampuan bahasa inggris bisa melalui menonton film, musik, podcast dan sebagainya, yang nantinya akan terlatih menjadi bisa,” ujarnya.

Ia juga mendorong agar mahasiswa baru untuk mengikuti akun Media Sosial (Medsos) terkait beasiswa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) , program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), serta Magenta. Ia menekankan, pentingnya mencoba mendaftar berbagai program yang disediakan pemerintah, meskipun hasilnya belum tentu langsung berhasil.

“Apresiasi berupa hadiah yaitu enam pouch Biofarma, tiga buah kaos dan coklat serta gantungan kunci dari Jepang. Niatkan dalam diri masing-masing bahwa suatu saat nanti, saya akan membeli barang langsung di negara aslinya,” tuturnya.

Nina Adelia Sagala, mahasiswa baru Prodi Teknik Industri, menuturkan, meraih skor kuesioner 190 dan berada di urutan keenam. Ia juga mengatakan, bangga dan senang menjadi bagian dari Universitas Bung Hatta.

“Semoga dengan di apresiasi ini, saya lebih semangat lagi untuk berkuliah agar lulus tepat waktu. Tak hanya itu berkuliah yang rajin, sehingga dapat mengharumkan nama kampus,” tuturnya.

Mahasiswa baru lainnya yang mendapatkan apresiasi, Nikmatullah Ihsan, Prodi Teknik Elektro, menyampaikan, apresiasi ini meningkatkan motivasinya untuk menyelesaikan studi tepat waktu. Ia juga mengatakan, dapat meraih prestasi yang cukup untuk masa depan nantinya.

“Tidak menyangka mendapatkan apresiasi dan ternyata dekan sangat baik. Berharap bisa mendapatkan prestasi lainnya dan lulus tepat waktu,” tutupnya. (wawasanproklamator.com)